Cool Social Media Sharing Touch Me Widget by Blogger Widgets

Thursday, January 23, 2014


Mendengarkan musik adalah suatu kegiatan yang tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari kita. entah itu di rumah, sekolah, kampus, ataupun kantor selalu ada musik yang menemani. Musik seperti sudah memasuki di setiap sela-sela kehidupan kita. Mungkin tanpa anda sadari, ternyata alunan dari sebuah musik dapat mengubah suasana hati bahkan meningkatkan konsentrasi seseorang. Hal ini berdasarkan sebuah studi yang menunjukkan bahwa mendengarkan musik atau lagu dapat merangsang bagian otak yang bertanggung jawab terkait dengan memori dan penglihatan.

"Sebagai contoh, sebuah penelitian di Kanada menunjukkan bahwa ada hubungan kausal antara musik dan bagian inti dari otak yang bereaksi terhadap rangsangan (makanan, cahaya, seks)," kata Dr Victoria Williamson, dosen psikologi dari Goldsmith College London

Lalu apa sajakah manfaat dari mendengarkan musik?


Meningkatkan Mood
Reaksi orang ketika mendengarkan musik umumnya berbeda-beda. Tetapi, apapun pilihan musik Anda, sebuah penelitian 2011 di Kanada, yang diterbitkan jurnal Nature Neuroscience menunjukkan bahwa mendengar musik favorit Anda dapat membantu mencairkan suasana hati yang buruk. Penelitian di McGill University Montreal menunjukkan bahwa mendengarkan musik dapat memicu pelepasan hormon dopamin. "Otak sangat rumit, tidak mengherankan jika ada penelitian yang menunjukkan bahwa pelepasan dopamin berhubungan dengan perasaan senang," kata Bridget O'Connell, kepala informasi dari Mental Health Charity Mind.

Meningkatkan Konsentrasi
Percaya atau tidak, ternyata mendengarkan musik dapat membantu untuk berkonsentrasi. "Dengan membantu korteks otak menghasilkan gelombang tertentu, kita dapat menginduksi beberapa bagian pada otak tetap terjaga, tergantung pada tujuan yang ingin kita lakukan," jelas Paris psikolog klinis dari Brigitte Forgeot.

Mengurangi Stres
Riset yang dilakukan pada tahun 2011 menunjukkan bahwa satu dari empat orang mengaku mendengarkan musik saat saat di perjalanan ke tempat kerja untuk membantu mengurangi stres, dan hampir sepertiga orang mendengarkan musik untuk memberikan semangat ketika sedang bekerja.

Membuat Rileks
Dengan mendengarkan musik yang mempunyai irama pelan dan lembut dapat membuat pendengarnya menjadi lebih rileks. Musik yang berirama pelan akan dengan sangat mudah membantu memperlambat kerja otak sehinggga otak akan menjadi lebih rileks. Musik seperti inilah yang cocok didengarkan sebagai lagu pengantar tidur.


1 comments:

 
Copyright © Ragammaya All Right Reserved
Blogger Designed by IVYthemes | MKR Site | and Optimized by Ragammaya