Cool Social Media Sharing Touch Me Widget by Blogger Widgets

Saturday, January 11, 2014


Anjing sudah lama terkenal sebagai hewan yang memiliki indera penciuman dan pendengaran yang tajam. Namun tidak hanya itu, anjing juga ternyata memiliki sensitivitas terhadap medan magnet bumi. Mereka dapat menyesuaikan diri untuk menghadap utara dan selatan.

Seperti dikutip dari TEMPO, Senin (6/1/2014). Dilaporkan Live Science,  penelitian ini dilakukan oleh tim peneliti dari Jerman dan Ceko yang dipimpin oleh ahli zoologi Hynek Burda dan Universitas Duisburg-Essen, Jerman. Penelitian yang dilakukan selama dua tahun melibatkan 37 pemilik anjing, 70 anjing, dan 7.475 kasus hewan buang hajat.

Dalam laporannya di jurnal Frontiers in Zoologi , diungkapkan bahwa makhluk berbulu ini cenderung menghadap utara-selatan saat mereka buang hajat. itu berarti mereka dapat merasakan medan magnet bumi saat malakukan panggilan alam ini.

Temuan ini menambah daftar panjang tentang hewan yang sensitif terhadap medan magnet. Dalam sebuah analisis citra satelit Google Earth pada 2008 terungkap bahwa ternak di seluruh dunia cenderung berdiri diarah garis utara-selatan magnet bumi ketika merumput. Perilaku yang sama juga terlihat pada dua spesies berbeda dari rusa. Hal ini juga terjadi pada burung.

Hewan ini menggunakan medan magnet untuk mermigrasi sejauh ribuan mil. Sebuah laporan di tahun 2013 juga menunjukkan bahwa merpati memiliki bola besi mikroskopik di telinga mereka. Ilmuwan meyakini bola besi inilah yang menjelaskan kepekaan merpati terhadap medan magnetik.

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © Ragammaya All Right Reserved
Blogger Designed by IVYthemes | MKR Site | and Optimized by Ragammaya