Cool Social Media Sharing Touch Me Widget by Blogger Widgets

Monday, December 23, 2013



Teknologi digunakan untuk mempermudah kehidupan manusia karena dengan teknologi kita dapat melakukan sesuatu yang sebelumnya tidak bisa ataupun tidak pernah dilakukan, seperti menggabungkan dunia visual ke dalam dunia nyata. Lalu bagaimana caranya? jawabannya adalah dengan menggunakan teknologi Augmented Reality.

Apa itu Augmented Reality? Augmented Reality atau biasa disingkat AR adalah teknologi yang memungkinkan penggabungan visual dua dimensi atau bahkan tiga dimensi dunia maya kedalam dunia nyata dengan memproyeksikan visual tersebut. Masih bingung? Lihat salah satu contoh video Augmented Reality berikut.


Bagaimana itu bisa dilakukan? Prinsip kerja Augmented Reality adalah dengan menggunakan kamera (webcam, kamera smartphone, ataupun sejenisnya) pada gadget tertentu yang telah ditanamkan software augmented reality, kamera tersebut akan mendeteksi marker dan software akan memproses objek visual dua dimensi, tiga dimensi ataupun animasi yang telah dibuat sebelumnya.

salah satu marker yang digunakan adalah marker dengan ilustrasi hitam dan putih dengan batas hitam tebal dan latar belakang putih. Komputer akan mengenali posisi dan orientasi marker dan menciptakan dunia virtual 3D yaitu titik (0,0,0) dan 3 sumbu yaitu X,Y,dan Z.
Contoh Marker

Seiring dengan perkembangannya, Augmented Reality tidak harus menggunakan marker tapi juga bisa dilakukan dengan Face Tracking atau dengan mengenali waja manusia dan 3D Object Tracking mengenali benda seperti mobil, meja dan lain lain.
Face Tracking
Daripada penasaran, langsung saja kita coba teknologi ini dengan menggunakan perangkat Android.

1. Download aplikasinya di sini.
2. Download markernya di sini, kemudian print.
3. Buka aplikasinya dan Rasakan sensainya.





0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © Ragammaya All Right Reserved
Blogger Designed by IVYthemes | MKR Site | and Optimized by Ragammaya